5 Januari 2010

KISAH HATI YANG MULIA


Hari ini wanita yang aku panggil mamak, sebenarnya lebih sering aku panggil emak!! .."desa banget yaa :) ".
Berkata "ibu Anto itu hatinya mulia banget!!..".

Lalu aku tanya, "kenapa emak bilang seperti itu??..." (ekspresi wajah masih biasa).

Emak berkata "Iya... sebab dia mau menampung mama Oguh (seorang janda) tinggal di rumahnya"... "Padahal dulu jaman sewaktu mama Oguh kaya dan hidup berkecukupan, bila ma Anto lewat di depan rumah dia, sering dikata-katai kasar seperti "mampus luhh ...ma Anto, dasar pembantu, susah hidup luu ...".

Dan kata-kata kasar seterusnya, yang sengaja tidak aku tulis. Supaya pembaca meraba-raba kalimat kasar apa lagi yaa??? ...hihihi

Dulu Ma Oguh memang berkecukupan, namun kondisinya terus merosot tajam, setelah kematian suaminya beberapa tahun lalu. Kalau orang moderen bilang stress atau depressi.

Beberapa bulan ini, memang aku lihat rumah ma Oguh, yang terletak pas di pinggir jalan. Ada pembongkaran dan pembangunan rumah jadi bertingkat. Baru aku mengerti " ternyata rumah tersebut bukan milik ma Oguh lagi, sudah di jual".

"Tidak Seorangpun Bisa Pastikan Perjalanan Hidupnya".
Sebab seperti kisah nyata ma Oguh ini.
Setelah rumahnya terjual, dia jadi terlantar, tidak ada tempat berteduh lagi ....
Mungkin pembaca bertanya-tanya, ... memang dimana saudara ma Oguh?... atau... dimana anak dia? ... dimana lembaga sosial masyarakat (LSM), ....

Ahhh aku tidak mau bahas tentang itu, mungkin mereka punya ALASAN yang cukup kuat, sehingga ma Oguh ini dibiarkan begitu saja.
"sebenarnya sich, aku tidak ingin bercerita terlalu detail ... nanti ada yang tuntut pula ...pencemaran nama baik, bisa kacau"

Kembali ke Hati yang Mulia, Cerita emak kyuuu

Ternyata ma Oguh ini sekarang tinggal di rumahnya ma Anto. Katanya sih sudah beberapa minggu ini. Dan sampai kapan akan tinggal disana tidak bisa dipastikan, katanya "menunggu tempat penampungan pemerintah yang sedang di cari untuk ma Oguh". (eskpresiku sekian detik berubah dari yang biasa saja.... jadi ternganga, untung tidak ada lalat lewat)

Cerita emak! ...
Lalu mamak kyu memeluk mamak Anto, dengan terharu dan berkata " hati mu mulia sekali ma Anto, karena banyak orang yang mengaku beragama, melakukan ibadah setiap hari, membanggakan ibadahnya ke orang-orang tapi tidak ada perbuatanya seperti kamu. Semoga Tuhan memberi berkat untuk kamu, semoga kamu dapat mencapai sorga tingkat ke tujuh".

Perlu pembaca ketahui, ma Anto ini juga seorang janda yang mencukupi kebutuhan hidupnya pun dari menjual tenaga, sebagai pembantu rumah tangga. Rumahnya yang mungil itu juga di tempati bersama anak dan cucunya beberapa orang....heemmm

Pelajaran Hidup yang sangat inspiratif, bisa memberi Ilham bahwa "Hati yang Mulia bisa dimiliki oleh orang yang menempa dirinya untuk jadi Mulia, tidak bisa dibeli atau dibuat-buat".

Today lesson, 5 Januari 2009

Tidak ada komentar: